Jangan heran jika Anda mendengar kisah sukses seseorang hanya karena ia berjualan Celana Dalam.
Anda salah jika Anda menganggap remeh bisnis yang satu ini, karena dari
bisnis grosir celana dalam saja seorang mahasiswa pun mampu untuk
membayar biaya kuliahnya sendiri. Keuntungan yang didapat dari bisnis
ini cukup signifikan asalkan Anda mampu mengelola dan mengembangkan
menjadi bisnis yang ‘serius’.
Pembelian pakaian dalam khususnya untuk
celana dalam dalam partai besar sudah tentu akan memperoleh harga yang
bisa membuat Anda terkejut dengan perbedaan harga yang bisa menghasilkan
profit hingga 200%, tergantung dari cara Anda mengelolanya. Pengelolaan
di sini adalah perhitungan biaya produksi seperti pengemasan hingga
perhitungan keuntungan. Misalnya, Anda membeli celana dalam Rp. 2000 per
buah lalu Anda menjualnya dengan harga Rp. 10.000. Dan kenyataannya
setiap konsumen minimal membeli 3 buah celana dalam dalam satu
transaksi, silahkan Anda hitung sendiri keuntungan yang didapat hanya
dari bisnis grosir celana dalam.
Jika Anda bersungguh-sungguh untuk
bergelut dalam bidang penjualan produk seperti celana dalam. Anda cukup
memikirkan bahwa barang yang Anda jual adalah sesuatu yang memang
dibutuhkan oleh semua orang dan bukan merupakan hal tabu yang tidak
layak untuk ditawarkan kepada orang lain. Saat ini kita semua sudah ada
pada zaman keterbukaan, dengan adanya teknologi orang akan semakin
memiliki pikiran yang terbuka dan tidak hanya berpikir bahwa celana
dalam ada dalam lingkup pribadi. Jika sekeliling Anda masih tabu dengan
hal seperti ini, jadikan hal ini sebagai ‘senjata’, dengan demikian Anda
tidak akan memiliki banyak pesaing.
Tentukan target lokasi pemasaran Anda,
Anda akan berjualan secara offline atau online (melalui sosial media,
forum, e-commerce website). Misalnya, Anda memutuskan untuk berjualan
secara offline. Carilah kawasan yang sekiranya bisa menerima apa yang
Anda jual, tidak mencibir atau menolak keberadaan toko Anda. Masyarakat
yang bersifat heterogen dan memiliki pola pikir terbuka akan lebih mudah
bagi Anda untuk menawarkan produk celana dalam kepada mereka.
Jika Anda memilih untuk berjualan secara
online, akan lebih menghemat biaya pengeluaran karena Anda tidak harus
menyewa sebuah kios. Yang Anda perlukan hanyalah sebuah keeksisan di
dunia maya seperti sosial media dan forum. Namun, aturlah waktu promosi
Anda, terlalu sering berpromosi pada satu forum Anda bisa dianggap
sebagai ‘spam’.
Buatlah nama toko yang bisa menarik
perhatian, jangan menciptakan nama yang sulit diingat. Brand yang Anda
ciptakan secara tidak langsung akan menentukan kesuksesan penjualan
grosir celana dalam Anda.
Pemasaran bisnis Anda bisa dengan menggunakan beberapa brand celana dalam seperti Victoria Secret, Wacoal, atau La Senza
yang paling sering diminati oleh para wanita saat memilih pakaian
dalam. Perusahaan tidak akan menuntut atas pemakaian brand untuk
promosi, karena secara tidak langsung promosi yang Anda lakukan pun
turut menaikkan brand mereka dan Anda pun membelinya secara grosir.
Pembeli celana dalam di Indonesia sebagian besar masih mementingkan
brand, karena mereka percaya brand yang terkenal sudah pasti memiliki
kualitas yang baik walau pun harga yang ditawarkan tergolong mahal.
No comments:
Post a Comment