Monday, April 6, 2015

Manfaat Menulis Buku Harian

Manfaat Menulis Buku Harian
 
Masyarakat modern mungkin menganggap menulis catatan harian atau diary sebagai kebiasaan kuno. Namun, kamu yang masih rutin melakukannya jangan kecil hati. Dalam banyak penelitian, aktivitas ini menyimpan banyak faedah yang tak terduga, salah satunya memberi kamu semangat optimistis, kegembiraan, dan gairah hidup.
Studi lain juga mengungkapkan, menuliskan kejadian sehari-hari dalam buku khusus akan meringankan serta mengurangi gejala stres dan sekaligus menghindari depresi. Hal ini membuat seseorang bisa bangkit dari peristiwa traumatic. Bahkan pada penderita arthrititis dan asma, menulis catatan harian menurunkan tingkat stres. Para peneliti percaya, ketika kamu menuangkan gelisah, galau, masalah dan kekacauan pikiran pada secarik kertas menjadikan kamu menjaga jarak dengan perasaan itu dan membuat kamu makin rasional dalam berpikir dan menyelesaikan masalah. Efeknya, kamu tak bakal tenggelam dalam banjir kesedihan yang bisa terjadi.
Jika tak sanggup merangkai tulisan setiap hari, kamu bisa melakukannya tiap minggu. Pastikan kamu sedang rileks saat menuliskannya agar mendapatkan untung yang optimal dan berlipat dari aktivitas ini.
Bisa jadi hanya segelintir orang yang masih rajin menulis cerita kesehariannya dalam aktivitas sehari-hari. Namun, sepertinya kamu bisa mulai menulis diary kembali akan keluh kesah kamu hari ini. Siapa sangka, rutin menulis diary membuat seseorang mendapatkan empat manfaat berikut bagi kesehatannya
1.      Tidur lebih nyenyak
Beberapa menit menuliskan perasaan dan pikiran yang terjadi hari bisa mengurangi kekhawatiran pada diri seseorang. The Institute of Health menyarankan untuk menuliskan segala sesuatu yang kamu ragukan dalam pikiran ke dalam tulisan. Ini membantu untuk tidur lebih cepat dan nyenyak.
2.      Kesehatan mental dan emosi terjaga
Menurut studi yang dipublikasikan dalam Advances of Psychiatric Treatment, menuliskankan stres dan emosi yang sedang dilanda seseorang bisa memperbaiki kesehatan psikologisnya. Paling tidak merasa lebih baik dan depresi berkurang.
3.      Meningkatakan kesehatan fisik
Usai melakukan penelitian selama bertahun-tahun, peneliti dari Advances of Psychiatric Treatment menemukan manfaat luar biasa dari menulis diari, diantaranya:
- meningkatkan fungsi sistem imun tubuh
- mengurangi nyeri
- meningkatkan fungsi paru-paru dan jantung
- tekanan darah jadi normal
4.      Membantu penyembuhan
Peneliti dari Selandia Baru mendapatkan fakta bahwa menulis catatan harian bisa membantu kesembuhan dari penyakit lebih cepat. Menulis bisa mengurangi tingkat hormon kortisol penyebab stres.

No comments:

Post a Comment